SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Rabu, 20 Juli 2011

TIPS ORANG TUA KEMBAR



BEBERAPA tips bagi orang tua kembar :
• Ajak bicara. Berkomunikasi selalu dengan bayi Anda, satu demi satu. Sehingga setiap anak banyak waktu yang cukup untuk berkomunikasi dengan Anda.
• Tawarkan banyak peluang untuk berinteraksi 3 sisi. Anak kembar berdua dan Anda sebagai orang tua. Jangan biarkan anak kembar secara eksklusif asyik sendiri berkemonukasi.
• Bacakanlah kepada mereka sesuatu ceita, dan biarkaan mereka berdua menyimaknya masing-masing. Kalau perlu ajaklah dialog soal isi nya dan kelanjutannya versi mereka. Kita rangsang imajinasi mereka bekerja, kita rangsang mereka untuk mempermainkan imajinasinya sendiri tidak tergantung sama kembaraannya.
• Memotivasi kembar Anda untuk mengekspresikan diri dengan bahasa. Jangan buru-buru memberikan sesuatu ketika mereka hanya meminta dengan dengusan atau rengekan. Usahakan mereka meminta dengan ungkapan, apalagi mereka memiliki kemampuan untuk membuat permintaan mereka terwujud dengan menggunakan kata-kata.
• Jangan biarkan salah satu kembar menjadi juru bicara untuk yang lain, Dorong setiap anak untuk berbicara bagi diri mereka sendiri. Jangan biarkan salah satu mendominasi bicara dan mengalahkan yang lain. Sebagai orang tua, bersabarlah mendengarkan penuturan mereka.
• Seringlah mengajukan pertanyaan untuk terlibat dalam percakapan Anda bersama kembar. Gunakan pertanyaan terbuka untuk memicu diskusi.
• Jangan menyela anak Anda untuk melakukan koreksi sementara mereka sedang berbicara. Biarkan mereka selesai bicara, kemudian ucapkan kata-kata dengan benar dengan mengulangi kembali kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis