SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Kamis, 07 Juli 2011

CARA BEDAKAN KEMBAR




BAGAIMANA cara membedakan si kembar?”
Bagi kembar yang berbeda jenis kelamin, mudah sekali membedakannya. Tapi bagaimana dengan kembar yang berjenis kelamin sama, apalagi kembar identik, apalagi multi-twin (triplet, quadraplet dan seterusnya). Mungkin pertanyaan ini agak lucu, namun bagi orang tua kembar punya kiat sendiri-sendiri dalam membedakannya.
Bagaimana cara membedakan si kembar? Penting bagi kakek, tetangga atau guru sekolah.
Artikel ini mungkin bisa membantu kita dalam membedakan anak kembar kita. Sekaligus jadikan sebagai media komunikasi pemberdayaan anak.

1. Identitas khusus/karakterisik fisik.Bedakan tahi lalat, sisiran rambut, anomali (perbedaan khas lainnya) pada setiap individu meski tidak mudah bagi kembar identik.
2. Bedakan PakaianCara paling gampang untuk membedakan adalah dengan pakaian. Jangan pakaikan pakaian yang sama, agar orang lain bisa membedakan si Kembar. Beli pakaian yang warnanya bisa dikombionasikan.
3. Mulai Hari dengan Cara yang BenarSaat memulai hari, katakan pada orang lain perbedaan mereka hari ini. Misal saat masuk sekolah, katakan pada guru mereka perbedaan mereka. Sebagai contoh: Malika hari ini pakai baju biru, Maliki pakai warna merah. Atau ajarkan anak-anak untuk selalu mengucapkan nama mereka saat bertemu orang lain. Misalnya saat bertemu dengan guru, ajarkan untuk mengucapkan, “Pagi Bu, saya Malika”
4. Dress Code / sepatuSejak kecil biasakan untuk membedakan warna mereka pada setiap pakaian, mainan atau aksesoris lain yang dipakai anak-anak kita. Sebagai contoh, Malika sering memakai warna pink untuk Malika, dan Biru untuk Maliki.
5. Name Tag (Keplek Nama)Dengan memakai tag name, siapapun dapat dengan mudah membedakan si kembar. Usahakan untuk anak yang sedang sekolah, anak kita menggunakan tag name yang berukuran cukup besar, sehingga dari jauh pun guru mereka dapat dengan mudah memanggil nama mereka.
6. Identitas Harian yang Berbeda.Usahakan agar setiap hari mereka memiliki ciri pembeda satu dengan lainnya. Entah pakaian, gaya rambut, tas, sepatu, atau lainnya.
7. Tebak Cara terakhir untuk membedakan si kembar adalah menebaknya. Bisa dengan sopan tanya saja pada si kembar. Gunakan sebagai komunikasi harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis