SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Rabu, 13 Juli 2011

APA YANG ANDA KETAHUI?



Faktor apa saja yang menyebabkan kembar lahir?

SELAIN faktor genetis, kehamilan kembar lebih sering terjadi pada perempuan yang hamil di atas usia 35 tahun atau pada pasangan yang tengah menjalani perawatan kesuburan. Namun dengan kemajuan teknologi kedokteran, kini kehamilan kembar bisa direkayasa. Jika Anda menginginkannya, biasanya dokter membantu dengan memberi suplemen hormon tertentu untuk sang ibu.
Bagaimana proses yang terjadi pada kelahiran kembar?
Proses kehamilan kembar

Ada dua proses yang menyebabkan terjadinya kehamilan kembar.

ADA dua proses yang terjadi :
Pertama: Terjadi karena satu sel telur dibuahi oleh sperma, kemudian membelah diri menjadi dua. Selanjutnya dua janin ini tumbuh bersama dalam satu rahim. Kembar inilah yang biasanya disebut dengan kembar monozigot atau kembar identik. Ciri-ciri kembar monozigot adalah berwajah mirip dan biasanya berjenis kelamin sama.
Kedua: Normalnya, dalam satu siklus menstruasi perempuan hanya memproduksi satu sel telur matang. Namun terkadang terjadi juga ada dua sel telur yang matang secara bersamaan. Nah, kemudian keduanya kemudian dibuahi oleh sperma. Akhirnya terjadilah dua kehamilan dalam satu rahim. Kembar ini bisanya disebut dengan kembar dizigot yang artinya berasal dari dua telur yang berbeda atau kembar tak serupa. Ciri-ciri kembar dizigot, selain berwajah tidak mirip, jenis kelaminnya pun kadang berbeda.

Apakah bayi kembar akan berbagi kantung cairan ketuban yang sama?

TENTU saja tidak. Pada kembar tidak identik, tali pusar, plasenta dan kantung ketuban berbeda. Sedangkan pada kembar identik, janin akan berbagi plasenta namun mereka memiliki tapi pusat dan kantung ketuban yang berbeda

Apa saja risiko kehamilan kembar

SECARA umum adalah :
Terjadi kematian pada salah satu janin. Kondisi ini biasanya terjadi pada kehamilan kembar identik saat kehamilan masih berusia muda hingga kehamilan mencapai usia 24 minggu. Hal ini terjadi karena dominasi salah satu janin terhadap janin saudaranya yang lebih lemah. Bisa saja kondisi ini disebut dengan seleksi alam.
Rawan terjadi infeksi pada cairan ketuban hingga menyebabkan kematian pada kedua atau salah satu janin. Misalnya, infeksi akibat keputihan yang tidak ditangani di masa kehamilan. Infeksi ini dapat merambat naik melewati leher rahim sehingga terjadilah infeksi pada kantong ketuban. Padahal kantong ketuban berfungsi sebagai 'kantong pelindung' janin
Salah satu janin berpotensi berkembang tidak sempurna karena kelainan bawaan atau karena organ tubuh berkembang tidak sempurna. Biasanya kedua janin masih berkembang sempurna pada trimester pertama namun kemudian salah satu janin bahkan mungkin keduanya akan berhenti berkembang lalu gugur.
Apakah kelak si kembar memiliki sifat yang sama?
Tak ada manusia yang memiliki sifat yang sama di dunia ini, sekalipun kembar identik. Sifat seseorang ditentukan oleh banyak faktor. Selain faktor lingkungan, masing-masing anak kembar pasti akan mengalami proses belajar yang berbeda serta interaksi sosial yang berbeda. Nah, semua itu bisa menghasilkan sifat-sifat yang berbeda dalam diri masing-masing anak kembar.
http://www.conectique.com/tips_solution/pregnancy/during_pregnancy/article.php?article_id=4972

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis