SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Kamis, 07 Juli 2011

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS


Mengapa ada kembar non identik?

KEMBAR ada dua macam, kembar identik dan kembar non identik (kembar fraternal). Kembar identik berasal dari satu sel telur dan sel sperma yang membentuk satu zigot yang kemudian membelah menjadi dua buah embrio dan akhirnya menjadi dua fetus. Kembar fraternal berasal dari sel telur dan sel sperma yang berbeda.

Jelas pada kembar fraternal secara genetik (dan biologis) akan berbeda satu sama lain. Namun pada kembar identik yang berasal dari satu zigot, walau biasanya memiliki banyak kesamaan biologis hingga sangat sulit dibedakan satu sama lain, ternyata juga dapat berbeda secara genetik. Dalam beberapa kasus ditemukan salah satu anak kembar idenik menderita penyakit genetis sedangkan saudaranya tidak. Penyakit yang ditemukan seperti psoriasis dan rheumatoid arthritis.

Kalau kembar non-identik golongan darahnya sama atau tidak?

KEMBAR tidak identik, karena berasal dari sel sperma dan sel telur yang berbeda maka memungkinkan perbedaan golongan darah satu dengan yang lain, tergantung pada golongan darah orang tuanya.
Peluang lain bisa saja sama, bisa tidak. Tergantung parental genotype, karena berasal dari dua sperm dan dua ovum..misalkan ibu I0I0, ayah IAIB..maka gamet Ibu = I0, sedangkan ayah= IA dan IB, kemungkinan anaknya kembar dizigot memiliki golongan darah sama adalah 50% (hasil dari product rule dan sum rule antara sama2 golongan darah A atau B)..
Itu kalo golongan darah ibu 0 dan ayah AB, kalo untuk hasil perkawinan lain, perhitungannya agak rumit.Hasilnya TIDAK selalu fifty:fifty..ada perhitungannya berdasarkan probabilitas dalam population genetics..

Apa semua sidik jari manusia di dunia ini beda??
bagaimana dengan sidik jari kembar identik? Akankah sama?

KEMBAR identik ialah kembar yg terjadi jika sebuah sel telur (ovum) yg telah dibuahi membelah. Dan masing” pembelahan tersebut bertahan sampai ibu yg mengadung melahirkan. Dengan demikian kembar identik tersebut memiliki DNA yg sama dan susunan genetik yg persis. Oleh karena itu kembar identik memiliki jenis kelamin yg sama (yg udh pasti 99% biasanya terjadi), raut wajah, dan warna mata yg sama. Inilah yg membedakan kembar identik dan kembar fraternal (kembar dari dua ovum dan sperma yg beda). Akan tetapi meskipun kembar identik memiliki DNA yg sama, mereka bukanlah tindasan karbon, sehingga masih dapat berubah jika terjadi adaptasi dengan lingkungan.

Walaupun kembar identik telihat begitu sama, tetapi para anggota keluarga dan rekan dekat pada umumnya dapat membedakan mereka. Karena seperti pada orang pada umumnya, mereka memiliki karakter dan kepribadian yg berbeda. Dan terkadang fisik mereka jg ada bedanya, Saya pernah membedakan kembar termasuk SIDIK JARI MEREKA JUGA BERBEDA.

Jadi betul apa yg selama ini kita ketahui bahwa sidik jari orang di dunia berbeda. Karena saat dalam rahim, lingkungan embriopun jg berpengaruh, seperti gerakan” yg dilakukan embrio, keadaan rahim, nutrisi ibu, dsb. Inilah kenapa para ilmuwan meberi perbedaan antara genotip dan fenotip yg mempengaruhi ciri-ciri yg dibentuk oleh seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis