SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Selasa, 02 Desember 2008

KEMBAR UNIK


ILMUWAN menemukan kasus kembar yang unik di Amerika Serikat. Salah satu anak malah tergolong hermaprodit alias berkelamin ganda. Kembar itu dinamai semiidentik. Jurnal Nature dan Human Genetics yang menerbitkan temuan itu pada akhir tahun 2007, tak menyebutkan identitas dan alamat anak kembar tersebut.

Normalnya anak kembar terlahir dari telur yang sama yang kemudian terbagi untuk membentuk kembar identik—yang membagi semua materi genetik mereka. Adapun anak yang lahir dari dua telur yang berbeda dan dibuahi oleh dua sel sperma, melahirkan kembar nonidentik atau fraternal. Anak kembar semacam ini membagi masing-masing 50 materi genetiknya.

Namun anak kembar tersebut memiliki ciri identik dari pihak ibu mereka. Mereka hanya membagi setengah gen ayah mereka. Setelah diteliti, kedua anak itu ternyata lahir dari dua sel sperma yang membuahi satu sel telur. Sel telur ini lalu membelah dan menjadi dua embrio. Tiap sperma menyumbangkan gennya kepada tiap anak.

Jurnal Nature mencatat kasus semacam itu sangat jarang, dan embrio yang tercipta tak bisa bertahan hidup. Kasus ini semakin menarik karena salah satu anak ternyata berkelamin ganda, laiknya hermaprodit. Anak ini memiliki sel telur dan testis. Sedangkan yang lain lahir normal sebagai anak lelaki. Tes genetik yang dilakukan memperlihatkan bahwa anak itu memiliki sel pria –satu kromosom X dan Y, dan sel perempuan-- dua kromosom X.

Ahli kelahiran kembar menyebut kejadian ini amat tak biasa. Vivienne Souter, seorang ahli genetik dari Banner Good Samaritan Medical Center di Phoenix, Arizona, mengatakan anak kembar itu digolongkan antara kembar identik dan fraternal.

Saturday, December 15, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis