SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Selasa, 23 Desember 2008

ADA KEMBAR HERMAPHRODIT


ILMUWAN menemukan kasus kembar yang unik. Salah satu anak malah tergolong hermaprodit alias berkelamin ganda. Kembar ini dinamai semiidentik. Kasus yang terjadi di AS ini dilaporkan Jurnal Nature dan Human Genetics.

Normalnya, anak kembar terlahir dari telur yang sama yang kemudian terbagi untuk membentuk kembar identik—yang membagi semua materi genetik mereka. Adapun anak yang lahir dari dua telur yang berbeda, yang dibuahi oleh dua sel sperma, melahirkan kembar nonidentik atau fraternal. Anak kembar semacam ini membagi masing-masing 50 materi genetiknya.

Namun anak kembar tersebut memiliki ciri identik dari pihak ibu mereka. Tapi mereka hanya mebagi setengah gen ayah mereka. Kedua anak itu ternyata lahir dari dua sel sperma yang membuahi satu sel telur. Sel telur ini lalu membelah dan menjadi dua embrio. Tiap sperma menyumbangkan gennya kepada tiap anak.

Kasus ini semakin menarik karena salah satu anak ternyata berkelamin ganda, laiknya hermaprodit. Anak ini memiliki sel telur dan testis. Sedangkan yang lain lahir normal sebagai anak lelaki. Tes genetik yang dilakukan memperlihatkan bahwa anak itu memiliki sel pria –satu kromosom X dan Y, dan sel perempuan-- dua kromosom X. Penjelasan yang paling masuk akal tentang bagaimana mereka dibentuk adalah salah satu sel sperma memiliki sebuah kromosom X dan kromosom Y.

Kasus semacam itu sangat jarang. Kebanyakan embrio yang tercipta dengan cara ini tak bertahan hidup. Charles Boklage, seorang ahli kembar dari Universitas Eastern Carolina di Greenville, Carolina Utara, mengatakan kejadian itu amat tak biasa. Namun anak kembar itu dilaporkan tumbuh laiknya anak lainnya.
http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2007/03/27/brk,20070327-96505,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis