SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Selasa, 09 Desember 2008

KEAJAIBAN DARAH TALI PUSAT


DUA anak kembar ku sakit. Kata mbok-mbok babysitterku, ambil potongan tali pusar yang sudah mengering, rendam dalam air, dan minumkan. Setengah tak percaya aku ikuti sarannya. Ajaib, kedua anakku sembuh. Apa yang sebenarnya terjadi?

PADA MASA dahulu, muncul mitos bahwa sisa tali pusat bayi yang dikeringkan, bisa dipergunakan untuk mengobati pemiliknya bila sakit parah. Caranya, tali pusat itu direndam dengan air hangat, lalu air bekas rendamannya diminumkan pada anak. Faktanya, banyak anak-anak sembuh setelah minum air rendaman tali pusat mereka sendiri.
Baru tahun 1963, lewat penelitian kedokteran terungkap. Ternyata yang bisa dipergunakan untuk mengobati penyakit bukan tali pusatnya, tetapi darah yang diambil dari tali pusat itu beberapa saat setelah bayi dilahirkan. Darah tali pusat (umbilical cord blood ) bisa digunakan untuk terapi, karena mengandung stem cell (sel induk) yang mampu memproduksi sel-sel darah baru seperti sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Stem cell juga mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sampai menggantikan jaringan yang rusak.
Stem cell merupakan sel yang belum terspesialisasi, namun mempunyai kemampuan berkembang biak tanpa batas menjadi sel jenis lain. Kemampuan tersebut, memungkinkan stem cell memperbaiki kerusakan tubuh dengan menyediakan sel-sel baru untuk memperbaiki kelainan tersebut.
Darah tali pusat diambil tepat beberapa saat setelah proses kelahiran bayi. Tali pusat yang terhubung dengan plasenta (ari-ari) diklem dan dipotong. Dokter akan mengambil darah sekitar 22,5 ml dari tali pusat, kemudian disimpan dalam kantong steril. Di dalam 22,5 ml darah yang diambil tersebut bisa didapat sekitar 800 juta stem cell. Hasilnya dikirim ke bank tali pusat. Saat ini, penyimpanan darah tali pusat sudah bisa dilakukan di Indonesia.
Sumber: berbagai sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis