SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Selasa, 12 Agustus 2008

KEHAMILAN DUA ATAU LEBIH


BAGAIMANA peluang kita mengandung bayi kembar? Tanpa bantuan obat penyubur, peluang remaja memiliki janin kembar 1 diantara 167 kehamilan. Sedangkan, tingkat kemungkinan bagi wanita berusia 40 tahun 1 diantara 55 kehamilan. Disamping itu, mempunyai anak kembar fraternal atau kembar dari dua telur dan dua sperma berbeda mungkin saja terjadi pada beberapa keluarga. Kehamilan kembar lebih dari dua bisa terjadi ketika lebih dari satu telur dibuahi atau satu telur membelah diri setelah pembuahan.

Tujuh dari 10 pasangan kembar adalah kembar fraternal, artinya mereka berasal dari 2 telur dan 2 sperma. Meningkatnya berat badan atau ukuran badan secara abnormal, gerakan bayi berlebihan dan terdengarnya detak dua jantung merupakan petunjuk umum bahwa Anda mengandung bayi kembar. Bila dokter menduga bayi Anda kembar, kemungkinan ia akan meminta dilakukannya pemeriksaan USG.

Dengan kelahiran ganda, Anda sebaiknya menambah waktu istirahat, menambah jumlah kalori makanan dan rajin mengikuti pemeriksaan pranatal. Menaati jadwal pemeriksaan pranatal sangat penting karena bilamana seorang wanita mengandung lebih dari satu janin, ia lebih berisiko mengalami preeklamsia, eklamsia dan plasenta previa-kondisi dimana plasenta menutupi leher rahim- serta perdarahan vagina.

Jangka waktu kehamilan ganda cenderung lebih singkat, yaitu bisa 21 hari lebih pendek dari wanita yang melahirkan kembar dua. Kecuali ada alasan medis di mana bayi harus dilahirkan lewat bedah Caesar, bayi kembar bisa dilahirkan secara normal (melalui vagina), dan wanita yang memiliki bayi kembar juga dapat menyusui bayinya.

(source : Mayo Clinic Family Health Book)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis