SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Selasa, 12 Agustus 2008

HARUSKAH ARI-ARI DIPENDAM?


MEMENDHAM ari-ari itu merupakan salah satu upacara yang umum dilakukan oleh beberapa masyarakat adat di Indonesia. Ari-ari adalah usus penghubung antara ibu dan bayi ketika masih dalam rahim.

Masyarakat Jawa percaya bila ari-ari itu sejatinya salah satu saudara empat atau saudara kembar si bayi. Oleh karenanya ari-ari harus senantiasa dirawat dan dijaga, sebagaimana kita menjaga bayi kita. Setelah ari-ari dicuci bersih, masukkan dalam kendhil (bejana dari tanah liat), dan ditanam di depan rumah. Ingat, di depan kanan rumah, bukan di belakang rumah. Filosofinya, orang tua harus mengantarkan anak ke masa depan, bukan anak mengiringi apa kata orang tuanya. Oleh karenanya, yang memedham kendhil berisi ari-ari ini haruslah ayah bayi, sebagai kepala keluarga. Bila ayah bayi tidak ada, atau pergi kerja di tempat jauh, bisa diwakilkan ke kakek bayi.

Di beberapa daerah, ada yang mengantung kendhil di plafon atau atap rumah, ada juga yang menggantungnya di dahan pohon. Setiap daerah memiliki adat sendiri-sendiri. Namun hampir semua berprinsip, ari-ari harus dijaga selama 40 hari pertama (ada yang menyebut selapan atau 35 hari). Oleh karenanya kendhil tersebut diberi lampu selama 40 hari. Belum ada penjelasan yang detil, namun lampu digunakan sebagai penerang agar ari-ari tidak dimakan kucing atau tikus. Beberapa daerah meyakini lampu bisa menghindarkan diri dari serangan makhluk halus yang mau memakan ari-ari. Filosofisnya, lampu untuk pepadhang (penerang) agar bayi ‘terang’ jalannya.

Bagaimana kalau anaknya kembar? Sebaiuknya tempatkan dalam kendhil sendiri-sendiri secara terpisah. Bagaimana pun mereka 2 (dua) kehidupan yang beda. Ada yang mengatakan, kalau disatukan mereka akan menajdi satu kembali. Ada yang meykini, salah satunya akan kalah dan meninggal. Kendhil juga tidak boleh dipendham berdekatan, karena diyakini mereka akan selalu tergantung sesamanya. Tidak mau mandiri, disamping secara sipirtual akan lebih "merepotkan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis