SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Rabu, 19 November 2008

TERAPI KEMBAR LEWAT "USAPAN"



SAYA teringat konsep hypnobirthing saat isteriku meringis menahan sakit menjelang 2 hari melahirkan. Intinya, kurangi rasa stress dan munculkan relaksasi. Dua hal inilah yang selalu aku hembuskan untuk menimbulkan efek ketenangan pada isteriku yang kesakitan. Kuminta isteriku senantiasa mengusap perut saat malam atau pagi. Ucapkan selamat pagi dan sebut program-program posiif lainnya. Ajaib!, teknik ini ternyata manjur (meski kembar lahir caesar).
Foto: Gallery

KETENANGAN ibu ternyata menjadi kunci penting saat proses melahirkan. Metode relaksasi hypnobirthing membantu melancarkan persalinan dan meminimalisasi rasa sakit. Rasa nyeri saat melahirkan bisa disebabkan oleh ketakutan. Namun, rasa nyeri itu kini dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Lewat sebuah proses latihan relaksasi dan metode hypnobirthing, melahirkan bisa dijalani dengan tanpa rasa sakit.

Metode hypnobirthing berakar pada ilmu hipnosis dengan metode pendekatan kejiwaan yang memberi kesempatan untuk berkonsentrasi, fokus, dan rileks. Namun, tetap dengan kesadaran sepenuhnya. Prosedur hypnobirthing adalah memadukan self-hypnosis dan proses kelahiran alami. Ada proses penanaman sugesti positif ke alam bawah sadar, termasuk agar rasa sakit tidak muncul. Ingatlah bahwa semua sistem rasa dikendalikan di otak. Jika alam bawah sadar sudah diprogram supaya tubuh tidak mengirim sinyal rasa sakit ke otak, rasa sakit pun tidak muncul. Saat melakukannya, individu yang bersangkutan tetap dalam kondisi sadar.


Hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Sebenarnya cara ini telah dilakukan secara natural oleh ibu-ibu hamil saat janinnya meronta dalam kandungan. Ketika itu ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut yang menenangkan.


Relaksasi yang dilakukan adalah relaksasi otot, relaksasi pernafasan, dan relaksasi pikiran. Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Program positif yang isteri masukkan, “Saya dan janin kembar di dalam kandungan akan tumbuh sehat, cerdas. Dan saat persalinan akan menghadapinya dengan tenang.”



Kontraksi otot pada saat persalinan adalah sebagai upaya membantu terbukanya jalan lahir. Karena kontraksi itu, leher rahim akan menjadi lunak, menipis, dan mendatar, kemudian menarik leher rahim. Saat itulah kepala janin menekan mulut rahim sehingga membuka. Bila si ibu sudah terbiasa relaksasi, jalan lahir akan lebih mudah terbuka. Keuntungan lain dari teknik ini adalah mencegah kelelahan yang berlebihan saat persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis