SELAMAT DAN SUKSES

Atas nama seluruh KOMUNITAS WEBSITE MYTWINS-CARE :

MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KELAHIRAN KEMBAR

Badrika-Wisesa

RS Pondok Indah

Senin 9/1/2012, pkl 07.06 WIB







KELUARGA KEMBAR BARU

KELUARGA KEMBAR BARU
Oneng dan Dony memiliki putra kembar Badrika-Wisesa

Kamis, 02 Oktober 2008

TIPS CARI DOKTER UNTUK ANAK KEMBAR


Eh, hamil kembar ya? Siapa dokternya?
.
.
SETIAP kali kami bertemu dengan ibu-ibu, setidaknya pertanyaan seperti itu muncul. Bahkan tetap muncul pada saat kami membawa anak-anak kembar ke tempat keramaian atau saat bersapaan di jalan. Begitu juga saat kami antri di ruang praktek dokter. Banyak usulan yang mempromosikan dokter tertentu manjur untuk menangani anak kembar. Rupanya kehamilan dan kelahiran kembar adalah hoki (keberuntungan) yang terkait dengan ”prestasi” dokternya.
Saya cermati, memang ada beberapa dokter dan RS favorit yang diburu pasangan muda karena dianggap membawa berkah untuk kehamilan dan kelahiran kembar. Haruskah anak kembar ditangani secara khusus oleh dokter yang terbiasa menangani anak kembar?

Terlepas dari pandangan tersebut, beberapa tips berikut sebaiknya perlu dicermati:
Memilih Dokter Kehamilan Kembar:
Percayai dokter. Pilih dokter yang Anda percayai untuk menangani kehamilan kembar Anda. Promosi dari mulut ke mulut boleh saja dipercayai, namun keputusan tetap ada pada kepercayaan Anda. Jangan risau, setiap dokter memenuhi kualifikasi untuk menangani kehamilan kembar.
Ceklah kredibilitas dokter tersebut dengan cara mendatangi mereka. Waktu yang bagus untuk mengeceknya adalah sebelum si kembar lahir. Bagaimana pelayanannya, ruang tunggunya, kebersihan prakteknya.
Lokasi mudah dan dekat. Carilah dokter yang jarak prakteknya berada pada lokasi tempat tinggal Anda, aksesnya mudah dicapai. Bilamana perlu catatlah fasilitasnya seperti lapangan parkir, pintu masuk atau pun lokasi elevatornya.
Rujukan Rumah Sakit. Carilah dokter yang memiliki rujukan dengan rumah sakit. Terutama dalam keadaan darurat.
Buka 24 Jam. Bila dokter tersebut berpraktek di RS, carilah infomasi apakah RS buka selama 24 jam? Apakah ada perawat yang dapat dihubungi dalam situasi darurat? Apakah dokter tersebut mempunyai teman satu profesi yang dapat mengantikannya?
Fasilitas dokter dan RS
Peralatan Memenuhi Syarat. Carilah Rumah Sakit yang memiliki peralatan memenuhi syarat untuk kelahiran kembar nantinya. Pilihan ini akan menentukan apakah Anda dan bayi akan dirujuk lagi ke RS lain atau tidak dalam keadaan kritis. Atau setidaknya RS yang memiliki jaringan yang kuat.
Fasilitas Kesehatan. Lakukan checkcross pilihan dokter Anda dengan fasilitas kesehatan yang bisa dicover dari jasa pelayanan asuransi atau pun kantor tempat Anda bekerja.
Kemudahan. Perlu tanyakan beberapa kemudahan yang mungkin anda dapatkan bila Anda mempercayakan perawatan bayi kembar Anda padanya. Misalnya fasilitas discount, kartu kredit dan lainnya.

Sumber: Berbagai sumber dan pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISA jadi Anda memiliki pandangan lain? Silakan Anda tulis